Babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 – Setelah event piala Euro dan Copa America dalam dunia sepak bola, kini ada Kualifikasi Piala Asia FIBA di event olahraga basket.

Basketball terbilang menjadi olahraga atau sportsbook terfavorit kedua setelah sepak bola. Oleh karena itu, pengemar judi basket juga cukup fanatik ketika ada event-event besar pada olahraga basket seperti sekarang ini.

Karena pertandingan basket berlangsung di tempat atau gedung tertutup, jadi beberapa kompetisi ini menggunakan sistem bubble. Tujuannya adalah untuk meminimalisir potensi dari penularan covid-19 tidak meluas.

Timnas Basket Indonesia masuk ke group A bersama dengan Filipina, Korea Selatan, dan Thailand. Sementara negara-negara besar Asia lainnya ada pada grup setelahnya seperti Arab Saudi yang ada pada grup E bersama Iran, Suriah, dan juga Qatar.

Lalu Australia juga yang ikut ajang Piala ini satu grup bersama Selandia Baru, Guam dan juga Hong Kong di grup C. Adan juga Taiwan, Jepang, Cina, India dan masih banyak lagi.

Langkah Indonesia di Piala Asia FIBA 2021

Hingga sekarang ini Indonesia sudah melakoni 3 game dengan hasil 1 kali menang dan 2 kali kalah. Kemenangan Indonesia diperoleh kala melakoni laga melawan Thailand yang sudah unggu sejak awal laga. Sementara Thailand sendiri sudah menelan kekalahan 3 kali sebelum menjamu timnas basket Indonesia.

Setelah kalah dari timnas basket Indonesia, timnas basket Thailand memastikan untuk menghentikan langkahnya di Piala Asia Fiba 2021. Timnas basket Thailand belum mendapatkan kemenangan sama sekali pada 4 pertandingan yang mereka lalui.

Sementara itu timnas basket Indonesia dapat bernafas lega karena mendapatkan tiket ke babak selanjutnya setelah mengalahkan timnas basket Thailand dengan skor 86-69. Setelah mengalahkan Thailand, timnas basket Indonesia akan mengikuti langkah selanjutnya dari turnamen Piala Asia FIBA bersama Filipina dan juga Korea Selatan.

PERBASI atau Persatuan Basket Seluruh Indonesia telah mengumumkan 12 pemain yang akan bermain di ajang Piala Asia FIBA 2021 di Clark, Filipina pada 11 Juni 2021. Proses babak kualifikasi pun sudah berakhir pada 16 Juni hingga 20 Juni 2021. Pemain tersebut yaitu :

  1. Arki Dikania Wisnu
  2. Hardianus Lakudu
  3. Abraham Damar Grahita
  4. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
  5. Agassi Yeshe Goantara
  6. Juan Laurent Kokodiputra
  7. Andakara Prastawa
  8. Widyanta Putra Teja
  9. Vincent Rivaldi Kosasih
  10. Govinda Julian Saputra
  11. Lester Prosper
  12. Muhammad Arighi

Beberapa negara merasa sedikir kesulitan untuk berpartisipasi dalam pertandingan seperti Cina yang belum melakoni 1 pun pertandingan kualifikasi. Sehingga Cina berada di posisi 4 pada grup B.

Pandemi global covid-19 ini sangat mengganggu jadwal pertandingan kualifikasi dari grup B dan juga grup C. Grup F juga baru menjalani 2 pertandingan hingga sekarang. Masih belum jelas kapan laga akan berlanjut dengan normal untuk menentukan siapa saja yang akan masuk ke babak putaran final.

Sedangkan Indonesia sendiri pada posisi ketiga nantinya akan kembali bersaing pada putaran kedua babak kualifikasi Piala Asia FIBA untuk menyusul juara dan runner up di fase grup.

Langkah Indonesia di Piala Asia FIBA 2021

Langkah Indonesia di Piala Asia FIBA 2021

Lanjutan Piala Asia FIBA 2021

Indonesia memiliki peluang untuk dapat memenangankan ajang turnamen Piala Asia FIBA 2021, sebab terdapat beberapa pemain naturalisasi yang berpotensi. Seperti Lester Prosper salah satunya yang kini sudah memperkuat timnas basket Garuda. Pemain asal Amerika Srikat ini sudah berstatus WNI atau Warga Negara Indonesia sejak awal November 2020.

Pada musim 2021 ini, Prosper sudah menjadi rebutan dari beberapa klub besar IBL untuk memperkuat klubnya masing-masing. Hal ini juga disebabkan karena Lester Prosper berhasil membawa Indonesia mengalahkan Thailand pada window kedua Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 dengan 22 poin.

Lalu juga ada Brandon Jawato yang menjadi pemain naturalisasi dari Amerika berbarengan dengan Lester Proper. Pebasket yang kini berusia 28 tahun ini memulai debutnya di Pelita Jaya Bakrie Jakarta sejak tahun 2016. Berkat kehadiran Brandon, Pelita Jawa Bakrie Jakarta ini berhasil menjadi runner up IBL kala itu.

Pada tahun 2019, Brandon berhasil membawa CLS Knights Indonesia menjadi kampiun ABL atau ASEAN Basketball League. Sayangnya Brandon sedang mengalami cidera yang cukup mengurangi kekuatan dari timnas basket Garuda. Saat ini Brandon Jawato sedang menjadi pembahasan pemain terbaik musim ini di Indonesia, jadi ketidakhadiran Brandon berpengaruh besar terhadap permainan timnas Garuda.

Jika anda pemerhati atau penghobi dunia basket, maka anda pasti tidak asing dengan nama Jamarr Andre Johnson. Dari sekian banyak nama asing, Jamarr terbilang pemain naturalisasi paling sukses dalam sejarah IBL.

Jamarr berhasil menjadi menjuarai kejuaraan basket dengan dua klub yang berbeda. Yang pertama pada klub CLS Knights Surabaya pada tahun 2016, lalu yang kedua pada klub Satria Muda Pertamina Jakarta di musim 2017/2018.

Bukan hanya jago kandang, Jamarr juga sempat memperkuat timnas basket Indonesia pada ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta – Palembang.

Namun kini kabarnya tidak lagi terdengar di liga Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya setelah mengalami cidera achilles.

Untuk sekarang ini hanya Lester Prosper yang sudah valid untuk memperkuat timnas basket Garuda.