Masa Kebangkitan Inggris Dalam Sejarah Euro

Masa Kebangkitan Inggris Dalam Sejarah Euro

Masa Kebangkitan Inggris Dalam Sejarah Euro

NewsBolaSport.com | Masa Kebangkitan Inggris Dalam Sejarah Euro – Siapa yang tidak takjub dengan pertandingan Inggris vs Jerman semalam tadi pada selasa (29/6/2021) yang penuh tekanan. Siapa yang sangka Jerman dapat tumbang kala menjamu Inggris.

Selama sejarah Euro berjalan, Inggris belum pernah sama sekali masuk hingga ke babak final Euro. Pada piala Euro musim ini mungkin Inggris bersama squad terbaiknya membuktikan kualitasnya pada dunia.

Dengan hasil 0-2 ini, Inggris berhasil melaju ke babak semifinal sekaligus mematahkan kutukan tak pernah menang melawan Jerman selama 55 tahun. Stadion Wembley menjadi saksi dimana negaranya yang menjadi salah satu tuan rumah lolos menumbangkan Der Panzer, Jerman.

Kedua gol yang membawa kemenangan untuk timnas Inggris tercipta pada babak kedua. Gol tersebut tercipta dari Raheem Sterling pada menit 75′ dan Harry Kane di menit 86′. Kemenangan ini di sambut meriah oleh seluruh supporter Inggris di stadion dan juga seluruh fans Inggris di seluruh dunia.

Perjalanan Inggris Selama Pagelaran Euro

Dengan beberapa pertandingan di event Piala Euro 2020 ini, Inggris berambisi untuk mengangkat trofi untuk pertama kalinya dalam sejarah. Selama pagelaran Euro, Inggris belum pernah sama sekali masuk hingga babak final. Ambisi inilah yang menguatkan tekad untuk meraih trofi Piala Euro 2020.

Berikut adalah debut Inggris selama bermain di pagelaran Euro.

Kita awali debut timnas Inggris pada Euro 1964. Kala itu Spanyol menjadi tuan rumah atas pagelaran tersebut sekaligus menjadi juara di kandang sendiri. Bahkan timnas Inggris tidak lolos di babak kualifikasi pada saat itu.

Selanjutnya pada Euro 1968 di Prancis. Timnas Inggris harus puas pada peringkat ketiga pada ajang tersebut setelah mengalahkan Uni Soviet dengan skor 2-0.

Lalu Euro 1972 yang berlangsung di Belgia serta Euro 1976 di Yugoslavia. Timnas Inggris lagi-lagi tidak lolos kualifikasi Piala Euro kala itu meski dengan squad terbaiknya.

Pada Event Piala Euro 1980, Italia menjadi tuan rumahnya. Saat itu sayangnya Inggris tidak lolos pada fase group. Timnas Inggris hanya mendapatkan 3 poin dengan hasil 1 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah. Inggris harus rela tidak masuk babak semifinal di bawah Belgia dan Italia. Jerman barat dari grup 1 berhasil menjuarai Piala Euro 1980.

Di Event Piala Euro 1984 yang berlangsung di Prancis, timnas Inggris kembali tidak lolos babak kualifikasi. Sementara pada Piala Euro 1988 yang berlangsung di Jerman Barat Inggris terpuruk di fase grup dengan hasil 3 kekalahan dari 3 kali main.

Pada laga Euro 1992 yang diadakan di Swedia, timnas Inggris kembali harus menelan pil pahit dengan terpuruk di peringkat terakhir pada fase grup 1.

Pada tahun 1996, Inggris menjadi tuan rumah pagelaran piala euro kala itu. Tampil di hadapan supporter sendiri memberikan kekuatan lebih bagi timnas Inggris. Timnas Inggris pun berhasil melaju ke babak semifinal. Sayangnya Inggris harus mengakui kekalahan atas Jerman dengan beradu tendangan pinalti. Setelah Jerman melaju ke babak final bertemu Ceko, Jerman kembali melakukan adu pinalti dan memenangkan trofi piala Euro saat itu.

Perjalanan Inggris Selama Pagelaran Euro

Perjalanan Inggris Selama Pagelaran Euro

Timnas Inggris Pada Ajang Euro

Sekarang kita beralih ke Euro di abad 20. Diawali dengan Euro tahun 2000 dimana Belgia dan Belanda sebagai tuan rumah perayaan Euro. Sedangkan Inggris kembali gugur pada fase grup A. Dengan 2 kali kalah, timnas Inggris hanya berselisih 1 poin dengan Rumania yang membuat Inggris harus pulang dengan tangan hampa untuk yang kesekian kali.

Kita masuk ke Euro tahun 2004, Portugal yang menjadi tuan rumah. Inggris hanya berhasil melaju ke perempat final ketika harus ditaklukan oleh Portugal melalui drama adu pinalti. Portugal juga melaju hingga babak final setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1. Namun Portugal harus kelah di hadapan supporter sendiri oleh Yunani dengan skor 0-1.

2008, Inggris kembali tidak lolos kualifikasi. Lalu pada tahun 2012 Inggris hanya berjuang hingga babak perempat final dengan drama adu pinalti dengan Italia.

Pada Euro 2016, Inggris hanya mampu bermain hingga babak 16 besar. Hingga sekarang Inggris belum merasakan berlaga hingga babak final.

Pada Euro 2020 ini akankah Inggris mampu memenangkan trofi Euro pertamanya? Hal itu mungkin dapat terjadi karena Inggris telah mampu menumbangkan Jerman selaku timnas sepakbola yang cukup ditakuti di benua biru. Dengan hasil 2-0 atas Jerman, timnas Inggris berhasil masuk ke babak perempat final.

Inggris akan kembali berlaga melawan Ukraina. Dengan skuad terbaiknya, Inggris lebih unggul soal materi pemain. Sementara itu masih ada Ceko, Spanyol dan juga Italia yang akan menjadi tembok besar untuk Inggris meraih trofi Euro untuk pertamanya. Ketiga negara tersebut pernah masuk final dan juga menjadi pemenang piala Euro.

Dengan materi pemain yang sekarang ini, para supporter Inggris berharap bahwa negaranya mampu masuk final hingga memenangkan trofi Euro pertamanya.

Itulah tadi artikel seputar Masa Kebangkitan Inggris Dalam Sejarah Euro. Semoga para pecinta sepak bola di dunia merasakan euforia yang sama ketika menyaksikan pertandingan sepak bola Euro musim ini.